Pilih Martabak Manis, Martabak Bangka, atau Terang Bulan?

martabak manis vs martabak bangka

Kala musim hujan dan hawa dingin memang paling enak makan yang manis-manis nan hangat. Jadi ngiler sendiri kan? Makanan manis dan hangat memang jawaranya ketika musim hujan seperti ini. Bila anda ingin membuka usaha, inilah waktu yang tepat berbisnis makanan manis. Karena omsetnya akan membuat tersenyum manis.

Tetapi ada begitu banyak makanan manis, kira-kira mana yang bisa dipilih? Mau pilih martabak manis, martabak Bangka, atau terang bulan? Pasti bingung sendiri kan? Tapi tenang, semua jenis makanan ini memiliki pasarnya sendiri-sendiri kok.

Jadi ketika anda hendak membuka bisnis sendiri, anda tinggal memposisikan diri sebagai konsumen pula. Kira-kira menu makanan apa yang membuat ngiler ketika membayangkannya? Kemudian pilih menu itu. Jadi mari kita bahas makanan manis itu satu per satu.

Aneka Makanan Manis Terfavorit

Mari kita memposisikan diri sebagai konsumen. Sebelum membeli sebuah makanan, pasti kita harus cari informasi dulu terkait makanan itu. Kalau dari komposisi saja kita tidak tahu, lantas bagaimana bila ada kandungan tertentu yang membuat alergi atau menjadi pantangan untukmu?

Oleh karena itu, perhatikan kandungan dari makanan itu dulu. Kalau sudah paham betul, barulah boleh memilih mana yang hendak dibeli. Anda pasti masih bertanya-tanya apa perbedaan dari ketiga makanan manis yang dibahas ini. Sekilas tampak sama, tetapi apakah sama? Belum tentu. Tetapi, daripada bingung lebih baik mari kita bahas satu per satu.

Martabak Manis

Martabak manis ini sering disebut pula martabak Bandung. Kota kembang ini memang luar biasa dalam bidang kulinernya. Salah satunya martabak manis ini. Nah, bila dilihat dari ketebalan, martabak manis tampak lebih tipis dan padat.

Sedangkan dari segi tekstur, martabak manis ini terlihat lebih lembek dan lengket. Mengapa amat lembek? Karena kandungan menteganya cukup banyak.

Bila diendus, ada bau telur menyengat dari martabak manis ini. Lantas bila disajikan dalam potongan, martabak ini tampak lebih kecil dan padat.

Baca juga: Cara Memilih Loyang Martabak Manis yang Tepat

Martabak Bangka

Serupa tetapi tidak sama, apa perbedaan martabak bangka dengan jenis martabak sebelumnya? Mari kita melihat karakter martabak Bangka ini. Kalau dari ketebalan, jelas lebih tebal martabak Bangka. Lebih tebal dan berongga tepatnya, sehingga terkesan lebih ringan ketika diangkat.

Ketika diraba teksturnya, martabak ini tampak lebih kering karena dibakar hingga garing. Tidak heran bila ada bau gosong menyengat ketika anda hendak menyantapnya.

Kalau berbicara masalah potongan, hampir sama dengan ketebalannya tadi. Terkesan lebih tebal tetapi berongga. Alhasil menjadi empuk ketika digigit. Ketika dimakan pun rasanya ringan dan empuk.

Terang Bulan

Makanan manis ini memang hampir-hampir mirip rasanya dengan martabak manis dan martabak Bangka. Tetapi dari penyajian jelas berbeda. Nah, di Solo misalnya, terang bulan selalu dijual bersamaan dengan martabak telur.

Teksturnya hampir-hampir mirip martabak manis. Makanan satu ini dilengkapi dengan kental manis dan dressing berupa meses aneka rasa. Kalau dari rasa, jelas manis mendominasi. Tetapi ada pula rasa sedikit gosong dan agak kering.

Sekilas mirip-mirip dengan martabak Bangka. Peminat terang bulan pun sangat banyak. Bahkan di berbagai kota ada terang bulan yang disajikan dengan paduan kearifan lokal daerah.

Itulah perbedaan martabak manis, martabak Bangka, dan terang bulan. Semua memiliki ciri khas tersendiri tetapi yang pasti rasanya sama-sama enak. Kalau anda paling suka yang mana?

gambar oleh Brilio

Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *